Pelajaran IPA Fisika Gerak Lurus

Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990


Benda dikatakan bergerak jika kedudukannya berubah terhadap titik acuan titik acuan yaitu titik awal benda atau titik tempat pengamat berada. 

Dilihat dari pengamat maka sebuah benda yang bergerak dapat mengalami gerak relatif atau gerak semu. Gerak dikatakan relatif karena bergantung pengamat yang dijadikan acuan. Contohnya adalah jika kamu berada di dalam kendaraan yang sedang berjalan maka kamu tidak bergerak terhadap kendaraan, tetapi kamu bergerak terhadap pohon-pohon atau orang yang ada di jalan. Sedangkan gerak semu yaitu benda yang sebenarnya diam tapi seolah-olah bergerak. Contoh dari gerak semu adalah bulan, ketika kita berjalan di malam hari akan terlihat seolah-olah bulan mengikuti kita padahal sebenarnya bulan tetap di posisinya. 

Gerak benda dapat berupa gerak lurus, gerak melingkar ataupun gerak parabola. akan tetapi untuk tingkat SMP kita hanya akan mempelajari gerak lurus. Gerak lurus adalah gerak benda yang lintasannya berupa garis lurus. Contoh gerak lurus adalah gerak pesawat yang meninggalkan landasan, gerak mobil di jalan yang lurus dan gerak buah yang jatuh dari pohonnya. 

Selanjutnya (soal, Pembahasan dan Rumus) : GERAK LURUS (Materi SMP)


Tag :


gerak lurus beraturan adalah

contoh soal gerak lurus

rumus gerak lurus

rumus gerak lurus beraturan

contoh gerak lurus beraturan

grafik gerak lurus beraturan

contoh gerak lurus berubah beraturan diperlambat

konsep gerak

Bimbel Jakarta Timur BJTV.eu

Bimbingan belajar Bimbel berlokasi di Jakarta Timur, BJTV.eu Tutorship Vista, Bimbel dengan Sistem Pembelajaran Adaptif Jakarta Timur

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama